KenariMall.com

Kamis, 24 Desember 2015

Khasiat Buah Naga Merah



Yang dimaksudkan warna merah dan putih dari buah naga ini adalah warna daging buahnya. Sedangkan untuk warna kulit, terkadang diantara dua jenis buah yang sama pun warnanya bisa berbeda. Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau agak kuning. Dan pada dasarnya keempat jenis buah naga tersebut semuanya bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Pasalnya di dalam buah naga, terkandung vitamin dan zat-zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sebut saja vitamin C, B1, asam folat, serat, dan karoten, di mana zat-zat tersebut memang punya peran masing-masing di dalam tubuh. Lalu apa saja khasiat buah naga merah?

  1. Mencegah Kanker
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya, dan penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Nah, ketimbang harus menyembuhkan kanker yang biayanya pasti sangat mahal, tidak ada salahnya jika kita mencegahnya terlebih dahulu. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin adalah salah satu cara efektif untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan, di mana antioksidan sendiri memang terbukti efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker.
  1. Mencegah Diabetes
Selain kanker, khasiat buah naga merah yang lain adalah untuk pencegahan penyakit diabetes. Perlu Anda ketahui diabetes bisa diakibatkan oleh banyak faktor penyebab, salah satunya adalah faktor keturunan. Oleh karena itu apabila Anda berisiko terkena diabetes karena faktor keturunan, minimalkan risiko tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga merah. Vitamin B3 ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.
  1. Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit berbahaya lainnya yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga merah adalah penyakit jantung. Salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa merenggut nyawa seseorang tanpa “ketuk pintu” terlebih dahulu. Untuk meminimalisir risiko terkena berbagai macam gangguan atau penyakit jantung, cobalah untuk lebih rutin mengonsumsi buah naga merah. Pasalnya berbagai kandungan pada buah naga merah ternyata bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  1. Menjaga Kesehatan Tulang
Bukan hanya susu saja yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang-tulang Anda. Nah, buah naga ini bisa Anda jadikan pilihan alternatif selain susu untuk memenuhi asupan kalsium harian Anda. FAO sebagai badan dunia yang menangani masalah pangan mengatakan bahwa ternyata buah naga merah mengandung kalsium dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan demikian tak diragukan kalau khasiat buah naga merah ini adalah bisa menjaga kesehatan tulang-tulang Anda dan mencegah risiko osteoporosis.
  1. Menjaga Kesehatan Mata
Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata buah naga juga cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat untuk mata. Oleh karena itu buah naga bisa Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata apabila Anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber betakaroten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.

Khasiat Buah Naga Merah untuk Diet

Lima khasiat buah naga merah tadi hanyalah sebagian dari banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah naga merah. Dan salah satu manfaat lainnya adalah untuk melancarkan program diet Anda. Ketika Anda sedang melakukan diet, mengonsumsi buah naga bisa membantu Anda memenuhi asupan gizi harian Anda. Apalagi buah berwarna merah yang satu ini kaya akan serat dan sangat rendah kalori. Dengan demikian buah naga merah sangat aman dikonsumsi saat diet dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.
Apakah hanya itu khasiat buah naga merah untuk diet? Tidak juga, karena masih banyak kandungan-kandungan dalam buah Naga yang banyak khasiatnya untuk kesehatan. Pada setiap 100 gram buah naga merah, terdapat 60 kkal kalori yang berasal dari karbohidrat buah naga. Dengan demikian meskipun Anda mengonsumsi buah naga merah dalam jumlah banyak, maka tidak akan membuat Anda gemuk. Selain itu beberapa vitamin yang terkandung seperti vitamin B1, B2 dan B3 pada buah naga juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan demikian pembakaran lemak di dalam tubuh pun akan lebih efektif.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Bayi

Selain untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan dan bermanfaat juga untuk diet, ternyata khasiat buah naga merah ini juga bisa didapatkan oleh bayi. Pasalnya bayi yang mengonsumsi buah naga merah ini sistem imunnya bisa semakin kuat. Bukan hanya itu saja, akan tetapi kandungan vitamin dan mineral pada buah naga merah juga bisa membuat anak Anda lebih cerdas, karena buah ini bisa meningkatkan kinerja otak bayi Anda. Teksturnya yang sangat lembut dan rasanya yang nikmat juga membuat Anda tidak terlalu repot dalam mengolahnya menjadi makanan bayi. Anda bisa mencampurkannya dengan pisang dan susu menjadi bubur sehat untuk bayi Anda.
Nah, itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai berbagai macam khasiat buah naga merah untuk kesehatan tubuh. Jadi setelah Anda mengetahui fakta-fakta yang telah kami paparkan tadi, ada baiknya jika mulai sekarang Anda memasukkan buah naga merah ke dalam daftar menu makan sehat Anda setiap hari. Anda juga tidak perlu khawatir karena buah yang satu ini rasanya juga sangat lezat dan menyegarkan. Demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

kekgiyak.com

kekgiyak.com
Toko Lingerie Murah terpercaya